Wednesday, July 19, 2017

Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengajarkan Membaca Pada Anak

Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengajarkan Membaca Pada Anak

Kesuksesan si kecil tidak hanya bisa didapatkan melalui hasil di sekolah saja, peranan orang tua pun merupakan salah satu hal yang juga bisa mempengaruhi tingkat keberhasilan si kecil. Salah satu peranan orang tua terhadap si kecil dalam akademik ialah membantu belajar membaca sejak dini di rumah dengan menggunakan beberapa metode yang disukai oleh si kecil. 

Pemilihan metode yang tepat pun merupakan salah satu langkah yang paling tepat agar si kecil mau belajar dengan mood yang baik. Akan tetapi, tidak semua orang tua paham dengan metode – metode tersebut dan berikut ini akan saya paparkan hal yang perlu dihindari oleh para orang tua ketika mengajarkan anaknya membaca.

1 . Jangan Memaksa

Memaksa anak untuk belajar merupakan hal yang tidak disarankan. Bujuklah mereka agar mau belajar membaca karena dengan cara ini si kecil akan jauh lebih tertarik dibandingkan dengan paksaan. Hal ini merupakan hal yang tidak baik dimana pada nantinya si kecil akan belajar dibawah tekanan dan nantinya sulit bagi mereka untuk belajar dengan tingkat konsentrasi yang baik. Mood merupakan salah satu hal yang perlu dijaga agar mereka belajar dengan lebih berkonsentrasi. Selain itu, pilihlah jenis metode belajar yang mereka sukai seperti pemilihan buku bergambar yang biasanya disukai anak – anak.

2 . Atasi Kejenuhan Anak

Setiap orang tua harus paham akan apa yang disukai anak agar bisa mengatasi kejenuhannya pada saat anda mengajarkan membaca maupun menulis. Setiap anak memiliki tingkat kejenuhannya masing – masing yang berbeda, maka dari itu mengatasi anak agar tidak jenuh pun bisa sangat beragam tergantung dari apa yang mereka sukai dan mereka tidak sukai. Untuk hal ini orang tua perlu mengetahui apa yang bisa meningkatkan mood anak dengan beberapa metode yang mereka sukai tentunya.

Kedua hal di atas perlu anda ketahui dalam mengajarkan si kecil membaca maupun menulis. Ada banyak sekali manfaat bagi si kecil jika menanamkan minat baca sejak kecil terutama jika hal tersebut terus diterapkannya hingga nanti dirinya sudah beranjak dewasa. Kebiasaan membaca bahkan mampu membantu nilai akademiknya. Maka dari itu, penting bagi para orang tua untuk memberikan pelajaran membaca dan menumbuhkan minatnya sejak dini untuk masa depannya yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment