Tuesday, December 12, 2017

Mendidik Sopan Santun Kepada Anak Sejak Dini

 Mendidik Sopan Santun Kepada Anak Sejak Dini
Berbicara sopan dan santun, bersikap ramah kepada orang lain, dan memiliki karakter yang bisa dikatakan baik di usianya memang menjadi salah satu hal yang wajib orang tua perhatikan. Apalagi disaat anak dalam usia yang masih dini pendidikan karakter harus ditanamkan sejak awal sebelum masa pra sekolah. 

Di zaman seperti saat ini norma kesopanan dan kesantunan merupakan sesuatu yang mahal dan tidak banyak kita temukan, hal seperti ini semakin lama sikap Sopan Santun sudah mulai terakulturasi dengan budaya luar, sehingga anak-anak zaman sekarang mengikuti perkembangan zaman saat ini. Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, yang pasti peran orang tualah yang penting untuk menumbuhkan sikap yang baik terhadap anak-anaknya.
Mendidik Sopan Santun Kepada Anak Sejak Dini
Di usia sejak dini memang sikap Sopan Santu harus ditanamkan karena penting bagi kehidupannya di masa depan, apalagi pendidikan karakter di zamn sekarang sudah mulai berkurang itu pun di sekolah yang biasa kita sering temukan di pelajaran PKn. 

Bagi Anda para orang tua, sejak sekarang harus dimulai pendidikan kesopanan dan kesantunan terhadap anak dengan cara memberikan contoh yang baik kepada anak, biasanya anak akan mencontoh apa pun yang dilakukan oleh orang tuanya, baik dari berbicara, berperilaku dan apapun yang orang tua contohkan pasti akan mengikutinya, jadi berikan contoh yang baik kepada anaknya. 

Biasakan untuk mengucapkan “terima kasih” kalau sudah ada yang menolong atau menerima pemberian dari orang lain, “maaf” kalau terlambat atau meakukan kesalahan, “tolong” kalau meminta pertolongan kepada orang lain, “permisi” kalau mau meninggalkan kerumunan orang atau sedang berdiskusi mau ke belakang, dan lain sebagainya. Sikap-sikap sederhana ini menjadi dasar bagi anak untuk bersikap baik dan menanamkan karakter positif bagi anak.

Jadi, didik dan ajarkan anak dengan sikap Sopan Santun yang baik dan beriakn contoh yang baik juga dari orang tua sebagai guru di lingkungan keluarganya. Untuk mendukung keaktifan anak, jangan lupa Bunda untuk memberikan nutrisi lengkap dari susu Dancow yang memiliki nutrisi penting bagi pertumbuhan fisik dan otaknya, ayo beli sekarang juga susu Dancow di minimarket, supermarket dna toko-toko terdekat.

No comments:

Post a Comment